klasiber Universitas Islam Indonesia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pengukuhan Guru Besar Akuntansi dan Keuangan, Prof. Drs. Hadri Kusuma, MBA, DBA
Written by hana   
Monday, 25 August 2008
Satu lagi guru besar lahir di UII. Adalah Prof.Hadri Kusuma, guru besar bidang Akuntansi dan Keuangan Fakultas Ekonomi yang dikukuhkan menjadi guru besar melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.39442/A4.5KP/2007. Prof.Hadri Kusuma akan membacakan pidato pengukuhan di depan senat universitas pada Selasa, 26 Agustus 2008 ini di Auditorium Abdul Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu UII Kaliurang.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof. Hadri Kusuma akan mengambil judul Model Penerimaan Teknologi Informasi: Peran Nilai-Nilai Personal. Hal ini antara lain dilatarbelakangi oleh adanya trend yang sangat cepat oleh organisasi-organisasi (baik swasta, pemerintah dan sektor publik lainnya) di seluruh dunia dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai kunci utama mencapai tujuan mereka. Pada saat yang bersamaan juga adanya isu kegagalan beberapa organisasi dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Prof.Hadri Kusuma melihat masalah ini sangat penting untuk dibahas karena menyangkut investasi berisiko dan sangat mahal.

Hasil penelitiannya lebih jauh menemukan bahwa nilai personal merupakan penghubung antara variabel eksternal dengan variabel mediasi (manfaat dan kemudahan menggunakan) teknologi informasi. Lebih dari itu, nilai personal juga menghubungkan faktor mediasi dengan penerimaan teknologi. Menurut Prof. Hadri Kusuma, hal ini berimplikasi pada peran moderasi dari nilai personal, sehingga nilai personal dapat dijadikan alat manajerial bagi para manajer sistem informasi yang mencari intervensi-intervensi yang tepat untuk memfasilitasi  penerimaan teknologi. Sedangkan dari aspek praktis, nilai personal bermanfaat untuk mendesain kampanye pemasaran secara tepat.

Sebagai contoh, para praktisi pemasaran dapat menekankan beberapa fungsionalitas teknologi informasi atau desain-desain interface yang sesuai dengan nilai-nilai personal para pengguna teknologi tersebut. Instrumen nilai pribadi juga dapat digunakan untuk mendesain dan menganalisa pekerjaan, yang selanjutnya bermanfaat untuk merekonfirugasi tugas-tugas yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Guru besar yang lahir di Bengkulu pada 27 Oktober 1963 ini menempuh studi S1 pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Setelah tamat pada 1988, Prof.Hadri kemudian mengabdi sebagai staf pengajar di almamaternya. Pada tahun 1994, ia meraih gelar Master of Business Administration dari Murray State University Kentucky, USA Amerika Serikat. Ia kemudian menyelesaikan program doktoral pada bidang Business Administration, Victoria University of Technology, Melbourne Australia pada tahun 2000.

Selain mengajar di almamaternya, Prof. Hadri juga tercatat sebagai pengajar di beberapa program pascasarjana di perguruan tinggi Yogyakarta dan propinsi lainnya. Selain merupakan salah satu auditor senior dan konsultan pada Kantor Akuntan Kumalahadi, Prof. Hadri juga menjadi Reviewer Penelitian DP2M Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

- Curiculum Vitae Prof. Drs. Hadri Kusuma, MBA, DBA
- Naskah Lengkap Pidato Pengukuhan dapat diunduh disini

 

E-Learning Fakultas

Advertisement
Advertisement

Sindikasi